Mengenal dan cara install nmap di kali linux


Apa itu nmap? Nmap atau singkatan dari network mapper merupakan tools yang paling populer digunakan oleh network administrator, network penetration testing dan cyber scurity. Dikembangkan oleh Gordon Lyon (dikenal dengan nickname "Fyodor"), Nmap pertama kali dirilis pada tahun 1997 dan telah berkembang menjadi alat serbaguna yang dapat mendeteksi host,port, layanan, versi aplikasi, sistem operasi, dan banyak lagi di jaringan komputer. Beberapa fungsi yang saya ketahui tentang nmap yaitu host scanning. Nmap mendeteksi host yang aktif dalam jaringan menggunakan berbagai teknik pemindaian seperti ICMP echo request, TCP ping, dan lainnya.


Cara kerja Nmap

Cara kerja Nmap yaitu pengumpulan Informasi awal perangkat atau IP target, kemudian Nmap mengirimkan paket probing ke target menggunakan berbagai teknik dan protokol seperti TCP, UDP, dan ICMP, selanjutnya nmap akan menganalisis respon dan mengidentifikasi layanan dan versi yang digunakan target, kemudian mendeteksi os, network mapper, dan mendeteksi kerentanan dan menjalankan serangan brute force, dan banyak lagi dengan menjalankan skrip-skrip khusus.


Cara install nmap 

Di kali linux, tools nmap sudah ada atau tools ini adalah fitur bawaan dari kali linux. Jika belum ada silahkan lakukan instalasi dengan perintah berikut :

sudo apt update

sudo apt install nmap

nmap --version


Cara menggunakan nmap

Cara menggunakan nmap untuk melakukan scanning dasar yaitu masukkan perintah ini pada terminal 

nmap ip target/host (contoh: nmap 192.168.1.22)


Jika ingin memeriksa port tertentu pada target, gunakan opsi -p. Misalnya, perintah berikut akan memeriksa port 80 dan 443 pada target, contoh :

nmap -p 80,443 target

Perintah tersebut akan melakukan pemindaian terhadap port 80 dan 443 pada target yang ditentukan.


Jika Anda ingin melakukan pemindaian yang lebih mendalam, gunakan opsi -A. Misalnya, perintah berikut:

nmap -A target


Perintah ini akan memberikan informasi rinci tentang sistem target.

Setelah menjalankan scanning, kamu akan dapat output yang berisi informasi tentang perangkat yang kamu scan tadi. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan:


- Host Is Up: Menunjukkan bahwa target online dan dapat diakses.

- Ports: Menyediakan informasi tentang port-port yang terbuka pada target.

- Services: Menyajikan informasi tentang layanan yang berjalan pada port-port tertentu.


Dengan menggunakan Nmap, administrator jaringan dan profesional cyber scurity dapat efektif mengamankan perangkat jaringan, memantau , menilai kerentanan, dan memahami topologi jaringan. Ini menjadikan Nmap sebagai alat yang sangat berharga dalam menjaga keamanan dan kinerja jaringan.





Posting Komentar